Puisi Cyber di Twitter dan Facebook

Puisi-puisi cyber saat ini banyak dihasilkan para penulis cyber di micro blog, semacam: twitter.com dan facebook.com. Jika di akhir 90-an banyak berkembang komunitas-komunitas menulis di mailing list serta portal sastra, maka saat ini banyak yang beralih ke twitter.com , facebook.com, dan google plus. 

Media internet yang sangat luas kemungkinan penggunaanya mendorong banyak orang untuk memanfaatkaan media di dalamnya, antara lain dengan menggunakan social media (micro blogging). Walaupun demikian penggunaan blog-blog juga situs-situs portal sasttra (terutama puisi) masih tetap memiliki tempat dan berkembang dengan penulis dan pembaca yang semakin banyak dan bervariasi.

Perkembangan puisi cyber di Indonesia sangat dahsyat dari sisi kuantitas, namun belum banyak yang memperhatikan dan mereview dari sisi kualitas. Perputaran karya dari twitter, facebook, dimuat di koran atau majalah, atau dimuat di buku juga menjadi fenomena ikutan yang terjadi saat ini. Adalah hal yang tidak asing puisi-puisi cyber yang bertebaran di internet suatu ketika menjelma menjadi buku konvensional dari kertas, atau hanya sekedar dikumpulkan dalam format digital.

Blog Puisi Cyber ini akan menjadi media untuk mengamati perkembangan puisi cyber di Indonesia dan dunia. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Cyber di Cybersastra.Org